< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Senin,22 April 2019

[HOAKS] Akun Twitter Milik Kapolri Tito Karnavian - KOMPAS.com

KOMPAS.com [HOAKS] Akun Twitter Milik Kapolri Tito Karnavian KOMPAS.com KOMPAS.com - Belum lama ini beredar informasi mengenai akun Twitter yang diklaim sebagai akun milik Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Tito Karnavian, atau…

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Belum lama ini beredar informasi mengenai akun Twitter yang diklaim sebagai akun milik Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Tito Karnavian, atau terkait Tito Karnavian.

Informasi ini beredar di media sosial, terutama Twitter, pada Selasa (6/11/2018) siang hari.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, akun tersebut diduga sebagian orang terkait dengan Tito Karnavian karena menggunakan nama lengkap beserta gelar.

Akun bernama "Fans Jenderal Drs. H.M Tito Karnavian, M.A.,PhD" ini dibuat sejak Juli 2016.

Saat ini, akun tersebut telah mem-post 19 twit dan telah diikuti 1.705 pengguna Twitter. Selain itu, foto Tito Karnavian juga digunakan sebagai foto profil.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa akun yang diduga milik Kapolri Tito Karnavian merupakan akun palsu.

"Akun tersebut akun palsu, Pak Kapolri tidak pernah punya akun tersebut," ujar Dedi saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (6/11/2018).

Untuk mengantisipasi maraknya akun palsu lagi, Polri telah membuat saran berupa literasi digital yang menjelaskan bahwa masyarakat cerdas, bijak, dan santun dalam bermedia sosial sebaiknya tidak mencatut nama atau organisasi yang bukan kewenangannya.

"Masyarakat cerdas, bijak, dan santun dalam bermedia sosial dan tidak boleh mencatut nama atau organisasi yang bukan kewenangannya, karena dapat merugikan baik secra personal maupun institusional," ujar Dedi.

Namun, hingga saat ini Polri belum berhasil menemukan siapa admin yang mengelola akun yang mengaku milik Tito Karnavian.

Oleh karena itu, pihak kepolisian juga bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menindak tegas admin yang memakai nama Kapolri.

"Polri akan terus berkoordinasi dengan Kemenkominfo dan BSSN untuk mem-profiling akun tersebut," ujar Dedi.

Polri juga mengimbau masyakarat untuk tidak mudah percaya unggahan akun palsu tersebut.

Selain itu, kepolisian juga mengklarifikasi informasi yang tersebar ini melalui akun Twitter resmi Divisi Humas Polri, @DivHumas_Polri.

Akun Twitter yang menggunakan username @Tcarnavian link : https://t.co/psitS435Pu bukan akun milik Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D.

Akun Twitter @Tcarnavian adalah palsu.

Be Smart Netizen Sobat Polri#PolriPromoter #PolriHumanis @PolriMultimedia pic.twitter.com/JAugvpBOdp

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

Author
Penulis

Bayu Galih

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.