< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />

5 Hal yang Membuat Kita Harus Terus Pupuk Harapan

Berita 5 Hal yang Membuat Kita Harus Terus Pupuk Harapan terbaru hari ini 2019-01-03 14:55:01 dari sumber yang terpercaya

Awal tahun adalah saat yang tepat untuk membuat resolusi ambisius dan memulai hal baru. Namun, cuaca di bulan Januari yang dingin dapat memudarkan semangat kita untuk tetap berpikir positif dan berkomitmen untuk memulai hal baru. Di sinilah harapan diperlukan.

Apapun yang sedang terjadi di hidupmu - apakah itu kehilangan, penyakit, masalah pekerjaan atau konflik pada hubungan - sangat penting bagi kita untuk tetap berharap.

Berharap akan membantu kita mencapai tujuan, tetap tenang dalam segala kondisi, dan merasa bahagia. Selain itu, harapan juga dapat menyembuhkan kita dari penyakit.

1. Harapan membantu kita mencapai tujuan-tujuan

Berharap tidak sama dengan menjadi optimis-karena berharap bersifat aktif, bukan pasif. Harapan membantu kita untuk mengambil langkah-langkah positif yang dapat membawa kita ke hasil yang positif.

Dengan berharap, kita akan mampu menghadapi tantangan dengan strategi untuk mencapai kesuksesan dan meningkatkan peluang kita untuk mencapai tujuan-tujuan kita.

Penulis buku "The Anatomy of Hope", Jerome Groopman, mengatakan "Harapan yang keliru dapat menuntun kita ke arah pilihan-pilihan yang berlebihan dan pengambilan keputusan yang keliru.

Harapan yang benar akan mempertimbangkan ancaman-ancaman yang ada dan menavigasi kita untuk mencari jalan keluar."

2. Harapan mengubah perspektif kita akan hal-hal buruk

Kita semua akan mengalami kegagalan dan menghadapi kekecewaan di hidup ini. Tapi, harapan akan mengubah perspektif kita atas kegagalan dan membantu kita untuk melihatnya sebagai momen untuk bertumbuh dan mengembangkan diri - untuk melihat kesempatan di setiap tantangan.

Mengapa suatu hal berakhir buruk? Apa ada yang dapat kita lakukan untuk meraih kesuksesan di masa mendatang? Tanpa harapan, kita akan mudah kehilangan asa saat menghadapi tantangan.


- BBC

Harapan membantu kita membuat rencana cadangan dan terus melangkah ke depan. Harapan membantu kita menjadi sensitif, tetap berdiri tegak saat kita jatuh, dan terus belajar dari kesalahan-kesalahan kita.

3. Harapan akan menambah kebahagiaan kita

Ini adalah sebuah kepastian - harapan akan membuat seseorang merasa bahagia.

Shane Lopez, penulis buku berjudul "Making Hope Happen", menjelaskan bagaimana harapan menolong kita dalam momen-momen stres dan cemas. Melihat sisi baik dari segala sesuatu akan membantu kita merasa senang, tidak putus asa dan memiliki keadaan mental yang baik.

4. Harapan mencegah kita bersikap berlebihan

Lawan dari harapan adalah keputusasaan. Tanpa harapan akan timbul rasa takut. Harapan memang tidak selalu mengubah hasil, tapi harapan dapat menolong kita dalam proses yang kita jalani - bahkan menikmatinya. Penulis Marian Zimmer Bradley berkata, "Jalan yang dibuat di atas dasar harapan akan lebih menyenangkan dibandingkan jalan yang dibuat atas dasar keputusasaan, meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama."

5. Harapan dapat menyembuhkan kita

Banyak yang sudah membuktikan bahwa berharap dapat membawa dampak positif pada kondisi psikologis kita karena hubungan antara pikiran dan tubuh itu nyata. Jerome Groopman mengatakan bagaimana "Peneliti menemukan bahwa perubahan pola pikir berdampak pada perubahan neurokimia seseorang."


- BBC

Dia percaya bahwa harapan bahkan dapat mengurangi rasa sakit. "Kepercayaan dan harapan - unsur utama harapan- dapat mengurangi rasa sakit dengan melepaskan hormon endorfin dan enkefalin, yang sifatnya sama seperti morfin," ujar Groopman.

Dalam "hal-hal tertentu, harapan juga memiliki beberapa efek yang penting pada proses fisiologis seperti pernapasan, sirkulasi dan fungsi motoris."

"Riset Groopman menunjukkan bahwa ketika seseorang menderita penyakit, harapan yang dia miliki akan berdampak pada sistem syaraf yang membantu proses penyembuhan. Hal ini menjelaskan "efek plasebo" yang dapat ditimbulkan dari harapan semata.

Author
Penulis

Renne R.A Kawilarang

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.