< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />

Amilia Agustin, Si Ratu Sampah yang Lulus Cum Laude

Berita Amilia Agustin, Si Ratu Sampah yang Lulus Cum Laude terbaru hari ini 2018-08-14 16:02:05 dari sumber yang terpercaya

VIVA – Delapan tahun lalu, tumpukan lautan sampah adalah lahan 'bermain' bagi Amilia Agustin. Di usianya yang baru 14 tahun kala itu, ia dijuluki sebagai Ratu Sampah.

Kini, Amilia telah berubah menjadi wanita muda yang menyandang gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Udayana di Denpasar, Bali. Tak hanya itu, ia yang sudah diwisuda beberapa waktu lalu berhasil meraih predikat lulusan terbaik dengan indeks prestasi kumulatif 3,9.

Pemilik panggilan Ami ini sejak kecil percaya bahwa sebuah negara dapat maju karena sistem pendidikannya yang baik. “Pendidikan yang baik harapannya membentuk sumber daya manusia yang baik juga,” kata Ami dalam rilis yang diterima VIVA, Selasa, 14 Agustus 2018.
 
Saat ditanya mengenai cita-citanya, gadis periang itu dengan mantap menjawab masih ingin menjadi presiden. Jawaban yang sama ketika ditanya pada sebuah talkshow populer di salah satu TV nasional enam tahun lalu.

Amilia Agustin

Tak cerdas secara akademisi, Ami juga punya kepedulian terhadap lingkungan sekitar.  Dia membangun komunitas yang bergerak di bidang lingkungan bersama Badan Eksekutif Mahasiswa tingkat universitas yang langsung melibatkan masyarakat. Waktu luangnya pun selalu ia manfaatkan untuk membaca jurnal, dan menjadi asisten dosen di sejumlah mata kuliah. Baginya, salah satu motivasi terbesar ialah ucapan ibunya.

“Gunakanlah masa mudamu untuk melakukan hal yang tidak bisa kamu lakukan di masa tuamu,” tutur Ami.

Kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar ini pun dituangkan ke dalam tugas akhir kuliahnya. Dalam tugasnya ia meneliti tentang pekerja anak. Hal ini karena menurutnya tidak seharusnya anak-anak bekerja untuk mendapatkan uang daripada sekolah.

“Dari data yang aku dapat, salah satu wilayah tertinggi jumlah pekerja anaknya ialah Nusa Tenggara Barat, mulai dari bertani, pekerja seni sampai pekerja seks di bawah umur ada di sana,” ujarnya.

Amilia Agustin dan komunitas di bidang lingkungan

Kepeduliannya membuat Ami pada tahun 2010 lalu mendapat apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards pada bidang lingkungan dari PT Astra International Tbk. Dan sampai sekarang Ami terus menunjukkan keuletannya dalam tiap aktivitas yang digeluti.

Author
Penulis

Jujuk Ernawati

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.