< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Sabtu,16 Februari 2019

Aplikasi Serupa SimCity Ini Bantu Anak Muda Hidup Lebih Mandiri

Berita Aplikasi Serupa SimCity Ini Bantu Anak Muda Hidup Lebih Mandiri terbaru hari ini 2019-01-02 11:07:01 dari sumber yang terpercaya

Sebuah aplikasi baru, yang dikembangkan dengan gaya permainan komputer SimCity, diharapkan bisa membantu kaum muda yang tinggal jauh dari orang tua atau keluarga mereka untuk mengembangkan keterampilan yang akan berguna di dunia nyata.

Perusahaan "Relationships Australia" telah bekerja dengan sejumlah anak muda yang pernah tinggal dalam rumah pengasuhan (hidup terpisah dari orang tua atau keluarga) untuk mengembangkan portal daring baru, GOM City, bagi kaum muda yang siap untuk hidup mandiri.

Setidaknya 50.000 anak muda di seluruh Australia berada dalam perawatan di luar rumah atau tidak tinggal bersama orang tua atau keluarga mereka.

Kayla Lisman dan Emily Mackay adalah bagian dari kelompok anak muda itu yang menyarankan pembuatan sebuah aplikasi yang bisa dimainkan oleh kaum muda untuk belajar cara menciptakan rutinitas sehari-hari serta membangun kemampuan membaca dan mengembangkan keterampilan memecahkan masalah.

"Berada dalam pengasuhan, Anda memiliki banyak orang melakukan hal-hal untuk Anda, seperti dokumen, Anda tak mendapatkan kesempatan untuk tumbuh sebagai pribadi dan berkembang dan melakukan hal-hal itu sendiri," kata Lisman.

Kelompok itu ingin menamai kembali istilah Perwalian, atau GOM, yang banyak memiliki konotasi negatif.

"Kesempatan luar biasa bagi saya untuk memasukkan pengalaman masa lalu saya dalam membantu orang muda lainnya seperti saya untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk diri mereka sendiri," kata Lisman.

Emily Mackay mengatakan aplikasi itu juga akan membantu dengan hal-hal seperti penganggaran, membayar tagihan dan membeli dan memasak makanan.

"Anda perlu memikirkan fakta bahwa tidak ada yang akan hadir untuk Anda dan tidak ada yang akan melakukan segalanya untuk Anda," katanya.

"Anda harus bertanggung jawab untuk diri anda sendiri."

Aplikasi baru ini diharapkan akan menolong mereka yang tinggal tanpa orang tua dan keluarga yang sudah siap hidup mandiri. Aplikasi baru ini diharapkan akan menolong mereka yang tinggal tanpa orang tua dan keluarga yang sudah siap hidup mandiri.

ABC News

Aplikasi ini dibuat oleh pengembang game yang berbasis di Adelaide, Mighty Kingdom, dengan masukan dari mantan anak muda yang tinggal terpisah dari orang tua dan keluarga mereka itu.

Direktur Utama Dan Thorsland mengatakan, aplikasi ini lebih memberi kesempatan kaum muda untuk terlibat dalam platform seluler.

"Kebanyakan orang di bawah usia 25, mereka melakukan banyak hal di ponsel mereka," katanya.

"Untuk seseorang yang mungkin berada dalam situasi pengasuhan terkelola, ponsel mungkin menjadi satu-satunya barang pribadi yang selalu dibawa ketika berpindah dari satu tempat pengasuhan ke pengasuhan lainnya."

Manajer Proyek aplikasi tersebut, Rhys Bartholomew, mengatakan aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan tugas sehari-hari yang termasuk tidur atau memasak makanan, serta permainan seperti kuis dan teka-teki kata.

"Segala sesuatu tentang aplikasi ini bersifat lokal, banyak rincian dan informasi yang Anda pelajari begitu spesifik dalam undang-undang Australia, misalnya hukum sewa Australia Selatan," kata Bartholomew.

Thorsland mengatakan aplikasi itu juga menangani berbagai masalah termasuk kecanduan dan kekerasan dalam rumah tangga dengan mengajukan pertanyaan atau menyiapkan informasi tentang hubungan yang saling menghormati.

"Ada juga alat pengukur kecemasan yang harus mereka pantau, dan entah bagaimana itu menyenangkan, tak memicu perlawanan, memungkinkan mereka untuk bereksperimen dan bermain dan bersantai tetapi sebenarnya mempelajari beberapa keterampilan hidup yang sangat berguna," katanya.

Aplikasi GOM Citu memungkinkan para pemain untuk menjaga hidup sehat, sambil menyelesaikan urusan administrasi sehari-hari. Aplikasi GOM Citu memungkinkan para pemain untuk menjaga hidup sehat, sambil menyelesaikan urusan administrasi sehari-hari.

gomcentral.elmplace.org.au

Proyek, yang sedang berlangsung di Australia Selatan, ini diharapkan akan diluncurkan secara nasional jika mendapat lebih banyak dana.

"Beberapa statistik benar-benar mengerikan dengan masalah kesehatan mental, tunawisma dan saya pikir ini sebagian besar berkaitan dengan fakta bahwa orang-orang ini tidak memiliki banyak dukungan," kata Nora Goodbourn dari Relationships Australia.

Relationships Australia akan menambah fitur di situs GOM Central, serta di aplikasi itu pada tahun 2019, dengan gagasan bahwa aplikasi ini bisa membantu anak muda lainnya, bukan hanya mereka yang tinggal tanpa orang tua atau keluarga.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Author
Penulis

Renne R.A Kawilarang

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.