< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Senin,22 April 2019

Badai Debu Selimuti Sebagian Australia, Langit Jadi Jingga

Berita Badai Debu Selimuti Sebagian Australia, Langit Jadi Jingga terbaru hari ini 2018-11-23 13:45:01 dari sumber yang terpercaya

Badai debu raksasa menyelimuti kawasan tenggara Australia sehingga menyebabkan warna langit pun berubah menjadi jingga.

Lantaran badai debu ini menimbulkan potensi bahaya kesehatan, pihak berwenang Australia merilis peringatan bagi publik Sydney.

Semua warga diimbau tetap berada di dalam ruangan, khususnya anak-anak, warga lanjut usia, dan mereka yang mengidap masalah pernapasan.

Seorang warga Broken Hill, kota sejauh 1.100 kilometer sebelah barat Sydney, mengatakan debu terus mengambang di udara selama berjam-jam pada Rabu (21/11).

"Saat Anda berjalan di luar, debu langsung masuk ke mata. Angin juga sedemikian kuat sehingga saya harus menahan pintu tetap terbuka. Sebab, jika tidak, pintu akan terbanting," kata Matt Whitlum kepada BBC.


Badai debu telah mempengaruhi banyak daerah di New South Wales, Australia. - MATT WHITLUM

Badai debu seluas 500 kilometer tersebut, menurut aparat Australia, mulai mencapai Sydney. Daerah lainnya di negara bagian New South Wales juga mulai diselimuti debu sehingga menyebabkan pandangan tak jelas.

Biro Meteorologi Australia mengatakan badai itu dipicu angin kencang yang membawa tanah kering. Masalah diperparah oleh musim kemarau yang mempengaruhi seluruh New South Wales sejak Agustus lalu.

Badai debu pernah melanda Sydney pada 2009 lalu. Insiden itu menyebabkan ratusan orang mengalami masalah pernapasan dan sejumlah pesawat tidak diperbolehkan mengudara.


Badai debu yang terjadi di Sydney pada 2009 menimbulkan beragam masalah. - Getty Images

Author
Penulis

Ezra Natalyn

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.