< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Senin,25 Maret 2019

Biar Selamat saat Nyetir, Begini Cara Pakai Sabuk Pengaman yang Benar

Berita Biar Selamat saat Nyetir, Begini Cara Pakai Sabuk Pengaman yang Benar terbaru hari ini 2018-09-30 18:38:03 dari sumber yang terpercaya

VIVA – Sabuk pengaman menjadi salah satu peranti keselamatan yang ada di mobil. Alat ini bukan hanya pemanis kabin karena wajib dipakai oleh pengemudi maupun penumpang saat mobil berjalan. 

Fungsi sabuk pengaman sangat penting, yakni membantu menahan tubuh saat mobil mengalami benturan atau pun kecelakaan. Sayangnya, masih ada saja yang mengabaikan fungsi alat ini dengan tidak memakainya.

Dilansir dari website Asuransiastra.com, Minggu 30 September 2018, penggunaan sabuk pengaman yang tepat tentunya dapat memaksimalkan kerja sabuk pengaman untuk melindungi penggunanya dari kejadian yang tidak diinginkan.

Produsen mobil pun merancang safety belt ini dengan menyesuaikan posisi pundak pengemudi atau pun penumpang di kabin mobil. Sehingga, saat alat ini dipasang, posisi tali atau sabuk haruslah tepat berada di pundak, jangan sampai posisinya berada di leher karena justru dapat membahayakan jika terjadi tabrakan.

Saat sabuk pengaman dipakai, pastikan juga tali bagian bawah sabuk posisinya berada di sekitar pinggang. Sebab, sabuk pengaman juga diciptakan untuk menahan panggul Anda agar orang yang memakainya tidak terlempar jika terjadi kecelakaan.

Ketika sabuk pengaman sudah terpasang, pastikan tidak ada bagian yang menggulung atau terlilit. Jika hak itu terjadi maka kemampuan sabuk pengaman untuk melindungi tubuh menjadi tidak maksimal.

Untuk memaksimalkan kerja sibuk, posisi duduk pengemudi atau penumpang harus dalam tegak. Jangan turunkan sandaran secara berlebihan atau menyetel bangku hingga mendekati dashboard. Jika hal itu terjadi, tali sabuk pengaman justru dapat membuat cedera semakin parah.

Saat menggunakan sabuk pengaman, pastikan juga sudah terpasang dengan benar hingga terdengar bunyi ‘klik’ ketika sedang menguncinya. Tidak ada salahnya mencoba menarik sabuk pengaman untuk menguji kinerjanya. 

Bagi yang memiliki anak kecil, sebaiknya menggunakan bangku khusus yang dipasang dengan baik dan benar sesuai petunjuk pemakaian. Jangan lupa pasangkan sabuk pengaman sesuai dengan mekanisme yang sudah disediakan oleh bangku balita tersebut. (ren)

Author
Penulis

Amal Nur Ngazis

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.