< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Rabu,20 Februari 2019

Chekatt Anggota ISIS Penyerang Pasar Natal, Ditembak Mati Polisi

Berita Chekatt Anggota ISIS Penyerang Pasar Natal, Ditembak Mati Polisi terbaru hari ini 2018-12-14 11:00:02 dari sumber yang terpercaya

Cheriff Chekatt, pria yang disebut membunuh tiga orang dan melukai belasan lainnya di pasar natal Kota Strasbourg, Prancis, pada Selasa (11/12) telah ditembak hingga tewas oleh polisi.

Menteri Dalam Negeri Prancis, Christophe Castaner, mengatakan aparat mendapati Cheriff Chekatt di kawasan dekat tempatnya bermukim, sekitar 1,5 kilometer dari pusat kota pada Kamis (13/12) pukul 21.00 waktu setempat.

Selagi aparat mencoba memberhentikannya, Chekatt berbalik dan melepaskan tembakan. Aparat balas menembak sehingga Chekatt dilumpuhkan", kata Castaner.

Sejak insiden penembakan terjadi, ratusan aparat Prancis mencari keberadaan Chekatt. Razia besar-besaran digelar di kawasan Neudorf, pada Kamis (13/12), namun nihil.

Sejauh ini sebanyak lima orang telah ditahan terkait peristiwa penembakan di pasar natal. Mereka mencakup orang tua Chekatt dan saudara-saudara kandungnya.

Atas tewasnya Chekatt, Castaner berterima kasih kepada aparat keamanan melalui cuitan.

Bagaimana Serangan Itu Terjadi?

Selasa sekitar pukul 20.00 waktu setempat (Rabu 02:00 WIB), seorang pria melepaskan tembakan ke kerumunan di dekat pasar Natal terkenal yang dijejali ribuan pengunjung di dekat Place Kleber.

Sebanyak tiga orang tewas dan 12 orang lainnya terluka, enam di antaranya cedera serius.


- BBC

Jaksa anti-teror Perancis, Rémy Heitz mengatakan pria bersenjata itu meneriakkan “Allahu Akbar” saat melepaskan tembakan.

“Tersangka bersenjatakan senapan dan pisau itu melarikan diri setelah merampas sebuah taksi”, kata Heitz.

Ketika berusaha melarikan diri, empat tentara mencegatnya, ia pun menembaki mereka, kata Heitz. Para prajurit balas menembak. Tembakan itu diyakini mengenai lengannya.

Kepada sopir taksi, penyerang itu mengatakan bahwa dia telah membunuh 10 orang dan bahwa dia terluka akibat baku tembak dengan tentara.

Dia lalu memerintahkan sopir taksi untuk menurunkannya di sekitar kantor polisi di daerah Neudorf. Ia keluar mobil dan menembaki polisi lalu lenyap dalam kegelapan malam.


- Police Nationale (France)

Apa yang Kita Ketahui tentang Chekatt ?

Menurut polisi, Cherrif Chekatt lahir di Strasbourg dan sudah dikenal oleh petugas keamanan sebagai orang yang merupakan ancaman potensial teroris islamis.

Dia masuk di "Fiche S" atau `Berkas S’ yakni daftar tentang orang-orang yang diawasi karena bisa menjadi ancaman potensial terhadap keamanan nasional.

Dia sudah pernah dipidana sebanyak 27 kali untuk berbagai kejahatan, seperti perampokan di Prancis, Jerman dan Swiss, dan sering keluar masuk penjara.

Polisi sebetulnya sedang mencari Chekatt pada Selasa pagi, sehubungan dengan kasus lain tapi ia tak ada di rumahnya.

Dalam penggeledahan di apartemennya di Neudorf ditemukan sebuah granat, sepucuk senapan, empat bilah pisau -dua di antaranya adalah pisau untuk berburu dan amunisi.

Kantor berita kelompok ISIS, Amaq menyatakan Chekatt adalah "prajurit Negara Islam" yang menjalankan operasi guna menanggapi seruan untuk menargetkan warga sipil negara-negara koalisi yang memerangi anggota mereka di ISIS dan Suriah.

Author
Penulis

Ezra Natalyn

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.