< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Senin,25 Maret 2019

Dari Sepeda Ontel Hingga Jeep Tua Ikut Pawai HUT TNI di Surabaya

Berita Dari Sepeda Ontel Hingga Jeep Tua Ikut Pawai HUT TNI di Surabaya terbaru hari ini 2018-09-30 20:55:01 dari sumber yang terpercaya

VIVA – Pawai bendera merah-putih atau flag relay dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia ke-73 oleh prajurit TNI berprestasi di Asian Games 2018, tiba di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu sore, 30 September 2018.

Rombongan pawai tiba di Pangkalan Udara TNI AL Juanda sekira pukul 14.00 WIB. Kemudian bergerak ke Kodam V Brawijaya untuk penyerahan simbolik bendera kepada Pangdam Brawijaya Mayjen TNI Arief Rahman. Acara tersebut juga dihadiri Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan.

Dari Markas Kodam, prajurit TNI pembawa bendera merah putih menumpangi mobil jeep terbuka berada di barisan paling depan, diarak keliling kota menyusuri Jalan Raya Darmo-Jalan Basuki Rahmat lalu berputar di depan Tunjungan Plaza ke arah Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo.

Pawai menyusuri Kota Surabaya itu semakin semarak dengan penampilan Marching Band Akademi TNI AL. Di belakang pawai bendera, ratusan pengendara sepeda ontel mengikuti. Bendera merah putih berkibar di masing-masing sepeda.

Di belakangnya lagi, iring-iringan komunitas mobil Jeep tua nan antik berjalan pelan, beberapa diantaranya Jeep Jimny yang mengiringi. Jadilah, Kota Surabaya di Minggu sore menjadi semarak dengan pawai bendera jelang peringatan HUT RI ke-73 ini.

Komunitas sepeda ontel Surabaya ikut pawai bendera jelang HUT TNI ke 73

Iring-iringan pawai bendera ini berakhir di Balai Kota Surabaya. Pawai bendera diterima Sekda Pemkot Surabaya, Hendro Gunawan, didampingi Korem Surabaya dan Kapolrestabes Surabaya. Pawai disambut dengan berbagai macam kesenian tradisional khas Jawa Timur, seperti Tari Remo.

Kota Surabaya menjadi kota keenam yang disinggahi rombongan pawai HUT TNI, setelah sebelumnya pawai memulai turnya dari Kota Sabang, selanjutnya ke Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang, dan pagi tadi di Yogyakarta. Rombongan pawai bendera ini akan finish pada 4 Oktober 2018 di Merauke, Papua.

Sebelumnya, Kodam V Brawijaya juga telah menyusun berbagai kegiatan jelang kedatangan pawai HUT TNI ke-73 di Kota Surabaya. Sejak pagi, ribuan prajurit beserta istrinya menggelar senam pagi di Lapangan Markas Kodam Brawijaya.

Kemudian menggelar babak final berbagai lomba. Di antaranya lomba marching band tingkat Sekokah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, final Futsal, Bola Volly, dan juga Bola Basket, antar Sekolah Menengah Atas.

Tidak hanya itu, warga juga dihibur dengan musik dangdut. Beberapa Alutsista TNI juga dipajang dan warga diperkenankan untuk berswafoto.

"Ya, dalam rangka kegiatan Hari Ulang Tahun TNI. Dijajaran Kodam V Brawijaya sudah dilaksanakan kegiatan kegiatan dengan masyarakat. Ini membuktikan bahwa TNI dekat dengan rakyat," kata Mayjen Arif di Makodam V Brawijaya, Minggu, 30 September 2018. (ren)

Author
Penulis

Dedy Priatmojo

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.