< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Minggu,15 September 2019

Filipina Rayakan Kemenangan Miss Universe

Berita Filipina Rayakan Kemenangan Miss Universe terbaru hari ini 2018-12-17 14:21:01 dari sumber yang terpercaya

Filipina, negara yang terobsesi dengan kontes kecantikan, merayakan titel Miss Universe keempatnya. Catriona Gray mengalahkan para kontestan lain di final pada Senin (17/12) pagi di Bangkok, Thailand.

Meskipun sangat populer, kontes semacam ini sering dituduh membuat perempuan sebagai objek dan mempromosikan ketidaksetaraan gender.

Para aktivis telah menggambarkan Miss Universe sebagai sebuah "pertunjukan daging" yang menetapkan "standar kecantikan yang tak terjangkau".

`Kontes kecantikan yang membuat internet heboh`

Kontes kecantikan adalah hal yang sangat penting di Filipina. Keluarga berkumpul di depan TV untuk menonton. Orang-orang membentuk grup untuk mengobrol dan memberikan komentar mengenai kostum dan kesalahan yang terjadi di panggung.

Minggu ini, salon-salon di Manila bahkan menawarkan diskon yang semakin lama semakin besar sementara Gray maju melalui putaran demi putaran.

Seorang teman Filipina menggambarkan obsesi negara itu dengan kontes kecantikan seperti ini: "Jika petinju Filipina Manny Pacquiao membuat jalanan yang padat menjadi lengang, maka kontes kecantikan membuat heboh di internet."

Filipina mewarisi kontes kecantikan dari mantan penjajah Spanyol dan Amerika, tetapi pada masa pemerintahan diktator terkenal Ferdinand Marcos dan istrinya yang glamor, Imelda, pada tahun 1970-an dan 80-an mereka benar-benar menjadi populer.

Pada tahun 1974, kontes ini bahkan diselenggarakan di Filipina dan keberhasilan acara tersebut membuat Filipina memiliki tempat di panggung dunia kecantikan dan menginspirasi generasi mendatang untuk berkompetisi.

Para feminis di negeri ini mengatakan kontes-kontes itu merendahkan perempuan. Artis dan aktivis Nikki Luna menyebut mereka sebuah "pertunjukan daging", yang menetapkan "standar kecantikan tak terjangkau" bagi mayoritas perempuan .

Grey, 24 tahun, lahir di Cairns dari ayah seorang Australia dan ibu Filipina. Dia dibesarkan di Australia tetapi pindah ke Manila untuk bekerja sebagai model dan aktris.

Keberhasilannya memenangkan mahkota Miss Filipina dan sekarang gelar Miss Universe telah diikuti dengan antusias oleh orang Filipina di rumah dan di seluruh dunia.

Kontes kecantikan tetap sangat populer di seluruh Filipina.

Sekolah, desa dan kota semuanya membuat kontes dan ada kebanggaan yang sangat dalam melekat jika memenangkan final di kompetisi global.

Kontes tersebut dipandang lebih negatif di banyak negara Barat dengan kritik hal itu membuat perempuan sebagai objek dan mewakili peran wanita yang sudah ketinggalan zaman di masyarakat.

Kontes Miss America tahun ini memutuskan untuk menghilangkan segmen pakaian renang dan mengatakan tidak akan lagi menilai kontestan hanya berdasarkan penampilan fisik.

Author
Penulis

Renne R.A Kawilarang

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.