< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Senin,25 Maret 2019

KPU Pantau Percetakan Kotak dan Bilik Suara di Tangerang

Berita KPU Pantau Percetakan Kotak dan Bilik Suara di Tangerang terbaru hari ini 2018-09-30 20:49:02 dari sumber yang terpercaya

VIVA - Sebanyak 540.940 unit kotak dan 811.272 unit bilik suara dipantau proses pembuatannya oleh Komisi Pemilihan Umum. Salah satunya di perusahaan yang berhasil memenangkan lelang, yakni PT. Cipta Multi Buana Perkasa, Kosambi, Tangerang, Minggu, 30 September 2018.

Komisioner KPU Pramono Tantowi mengatakan untuk proses pembuatan bilik suara telah berjalan sejak tiga hari lalu dengan nantinya, langsung dilakukan pendistribusian pada daerah yang telah ditentukan.

"Kalau yang kotak suara memang baru dibuat hari ini dan nantinya, proses distribusi tidak harus menunggu selesai semua. Pokoknya, sehari jadi langsung distribusi ke sejumlah wilayah dan untuk pabrik di Tangerang ini ada beberapa wilayah daerah," katanya di Tangerang.

Pada pendistribusiannya kotak suara terdapat pada 8 daerah yakni Aceh, Bangka Belitung, Kepulauan Seribu, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Padang dan Papua. Sementara, untuk bilik suara terdapat di dua daerah yakni, Banten dan Sumatera.

"Kenapa kami langsung distribusikan, hal ini untuk menghindari hal-hal yang memang dikhawatirkan pada saat pengiriman dengan metode jadi semua baru kirim, malah bikin terlambat. Maka dari itu sudah kirim perlahan-lahan," katanya.

Pada penggunaan kotak suara pun tak keseluruhan menggunakan kotak dengan bahan baku karton namun, masih terdapat beberapa daerah yang menggunakan alumunium. Nantinya, untuk beberapa daerah yang menggunakan alumunium akan dilihat tingkat kerawanan akan terjadinya kerusakan kotak suara.

"Kalau spesifikasi kotak suara karton ini sangat bagus dengan ukuran 60x40 centimeter dan mampu menahan beban hingga 80 kilogram jadi, kami jamin tidak cepat rusak. Untuk transparansinya ada kita beri di bagian sisi depan kotak sehingga bisa melihat surat suara," katanya.

Proses pembuatan kotak atau bilik suara pun melalui beberapa tahap yakni, proses pemilihan kertas, kemudian berlanjut pada tahan cetak dan print, melakukan pengeleman dengan mika transparan yang dilakukan secara manual. Baru berlanjut kembali pada proses mesin dimana, kotak akan dilakukan penjahitan  hingga akhirnya pada proses pengepakan yang dibungkus dengan plastik tebal khusus untuk menghindari rayap dan juga air.

Kerjasama dengan Bulog

KPU akan bekerjasama dengan Bulog terkait dengan penjagaan kualitas kota dan bilik suara pada Pemilu 2019 mendatang. Hal itu setelah proses pengiriman yang lebih cepat enam bulan sebelum pelaksanaan pemilu yang dilakukan pada bulan April 2019 nanti.

"Ya memang kami akan melakukan kerjasama dengan Bulog terkait dengan pemeliharaan kotak dan bilik suara agar tidak dimakan rayap ataupun rusak. Tapi, kerjasama ini bukan berarti kotak dan bilik akan dititipkan ke gudang Bulog setiap daerah namun akan kami sharing saja cara penjagaannya," kata Pramono lagi.

Pihaknya pun meminta agar pada setiap gudang di KPU daerah untuk menjaga kebersihan dan kelayakan hingga dapat menjaga kotak dan bilik tetap aman.

"Kami sarankan dari sekarang agar KPU Daerah menjaga kebersihan serta jangan buka segel plastik untuk menjaga kualitas kotak dan bilik suara," katanya. (ren)

Author
Penulis

Syahrul Ansyari

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.