< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Sabtu,17 November 2018

Penonton Jutaan, Era Bangkitnya Film Indonesia

Berita Penonton Jutaan, Era Bangkitnya Film Indonesia terbaru hari ini 2018-09-12 06:28:02 dari sumber yang terpercaya

VIVA – Boleh dibanggakan, bahwa dewasa ini industri perfilman Indonesia sudah makin berkembang dari masa ke masa. Perkembangan ini dinilai cukup konsisten bila dilihat dari jumlah penonton. Bahkan minat penonton terhadap film nasional terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. 

Di tahun 2018 ini, hingga pertengahan September saja, sedikitnya sudah 10 film Indonesia berhasil meraup lebih dari satu juta penonton di bioskop-bioskop. Menariknya, dari 10 judul, tidak ada genre yang mendominasi.

Film karya Pidi Baiq dan Fajar Bustomi, Dilan 1990, disebut-sebut sebagai film dengan jumlah penonton kedua terbanyak. Tidak itu saja, Dilan 1990 juga berhasil memenangkan penghargaan sebagai film terfavorit di ajang Indonesian Movie Actors Awards (IMAA) 2018 yang digelar Juli lalu. 

Film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla tersebut berhasil mengalahkan 11 film lainnya di ajang IMAA, yakni Critical Eleven, Kartini, Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, Night Bus, Pengabdi Setan, Posesif, Sekala Niskala, Susah Sinyal, Sweet 20, Turah dan Yowis Ben.

Film laga Wiro Sableng pun diserbu penonton bioskop. Sebagai pemeran utama Wiro Sableng, Vino G Bastian bangga bahwa film-film Indonesia kian mendapat tempat di hati masyarakat. Apalagi film yang dibintanginya ini hampir semua digarap para seniman dan pekerja kreatif Indonesia, walau turut mendapat sentuhan oleh rumah produksi kenamaan Hollywood, 20th Century Fox.

"Sembilan puluh sembilan persen kru di film, dari pre-production, production, sampai post production, dilakukan orang Indonesia. Kita harus bangga," ujar Vino beberapa waktu lalu.

Film ini pun dipuji dari berbagai aspek. Mulai dari adegan laga hingga efek visual. Vino juga menyebut Wiro sebagai film Indonesia yang menggunakan artis untuk efek visual terbesar yang selama ini ada.

"99 artis, buat saya itu cukup banyak, mungkin terbesar. Indonesia lama enggak punya film superhero, sekalinya punya di level sebesar ini, diakui dunia," katanya.

Dari situs filmindonesia.or.id, Selasa, 11 September 2018, 10 film Indonesia ini mampu mencapai box office hingga pertengahan September.

1. Dilan 1990

Film karya Pidi Baiq dan Fajar Bustomi yang berhasil melambungkan nama Iqbaal Ramadhan sebagai aktor ini masih belum terkalahkan dengan total penonton 6.315.664.

Bahkan kabarnya sekuel lanjutan film Dilan 1990 akan mulai produksi dan ditargetkan tayang pada awal 2019. Film garapan dari novel Dilan 1991 ini juga dipastikan tidak ada perubahan dari pemain film.

Romantisme Dilan dan Milea tetap akan diperankan Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. "Oktober mulai ngonsepnya, kalau produksi Desember. Pemain dan kru itu-itu lagi," ujar penulis novel, Pidi Baiq di Bandung Jawa Barat, Jumat 11 Mei 2018.

2. Danur 2: Maddah

Sekuel film yang dibintangi Prilly Latuconsina ini duduk di posisi kedua dengan perolehan 2.572.672. Produser film Danur 2 Maddah,  Manoj Punjabi mengatakan film Danur 2 Maddah ini akan tembus box office.

“Target saya fillm Danur jadi box office, hypenya tinggi bukan hanya penotnon tinggi. Film ini formulanya beda bukan sekadar film horor jadi penting sekali dapat penonton tinggi," kata Manoj beberapa waktu lalu

3. Si Doel the Movie

Nostalgia Doel dan keluarganya ada di peringkat ketiga, yakni 1.757.653. Sutradara sekaligus pemeran si Doel, Rano Karno saat disinggung target penonton, yakin film garapan Falcon Pictures dan Karno's Film itu bisa menandingi Dilan 1990. Mengenai target penonton sendiri, Rano juga mengincar kaum milenial.

Rano Karno untuk Film Si Doel The Movie

"Armada (band musik) itu viewersnya 200 juta, itu trik kita mencari milenial, Wizzy juga kan sudah terkenal. Anak-anak milenial dari media sosial juga ternyata mereka tahu si Doel. Saya tidak berani menargetkan, tapi melebihi Dilan mungkin," kata Rano beberapa waktu lalu.

4. Teman tapi Menikah

Film-film Falcon Pictures memang mendominasi. Drama yang mengangkat kisah cinta Ayudia Bing Slamet dan suaminya ini ditonton 1.655.829.

5. Jailangkung 2

Film horor satu ini rupanya selalu dinantikan, buktinya bertengger dilima besar dengan raihan 1.498.635 penonton.

Author
Penulis

Rochimawati

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.