< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Rabu,18 September 2019

Polisi Tak Temukan Pelanggaran Hukum Kasus Kencan Menteri Australia

Berita Polisi Tak Temukan Pelanggaran Hukum Kasus Kencan Menteri Australia terbaru hari ini 2018-12-18 09:37:02 dari sumber yang terpercaya

Kepolisian Federal Australia (AFP) menyatakan kasus yang melilit Andrew Broad, menteri muda yang diperbantukan pada Wakil Perdana Menteri, telah dilaporkan ke polisi sejak 8 November lalu.

Wakil Perdana Menteri Michael McCormack kini mengklarifikasi mengenai apa dan kapan dia mengetahui skandal Broad yang juga politisi Partai Nasional.

Broad telah mengundurkan diri dari jabatan menteri muda pada hari Senin (17/12/2018).

Kasusnya dibongkar oleh Majalah New Idea yang menyiarkan tuduhan dari wanita muda bernama Amy terhadap Broad.

Politisi berusia 43 tahun itu disebutkan menggunakan website kencan dan akhirnya menemui Amy di Hong Kong.

Broad mengaku telah melaporkan kasus ini ke AFP.

Dalam pernyataan pers kemarin, seorang juru bicara AFP mengatakan "tidak terjadi pelanggaran apa-apa menurut hukum Australia".

AFP menambahkan permasalahan ini dilaporkan ke mereka pada 8 November lalu.

Dalam keterangan terpisah sebelumnya, Wakil Perdana Menteri McCormack mengaku mengetahui kasus ini "beberapa minggu lalu".

Namun kini McCormack mengklarifikasi masalah waktu ini. Meskipun dia sudah tahu kasusnya sejak November, namun Broad sendiri mengaku hanya berkencan dengan wanita itu saat perjalanan pribadi ke Hong Kong.

"Ketika hari ini ditanyai tentang kapan Broad memberitahu saya tentang tuduhan terhadap dirinya di media, saya menjawab "beberapa minggu lalu" karena saya pikir memang pada waktu itulah (dia melapor)," kata pernyataan McCormack.

"Pada saat itu, Broad menyampaikan ke saya bahwa dia telah menghubungi seseorang di luar negeri untuk berkencan dan makan malam dengan orang itu. Dia mengaku tidak terjadi yang lebih dari itu. Dia juga katanya sedang dalam perjalanan pribadi ke Hong Kong," tambahnya.

"Berdasarkan informasi yang diberikan kepada saya oleh Broad, saya percaya ini adalah urusan pribadi dan keluarganya pada waktu itu," kata Wakil PM McCormack

Artikel majalan New Idea mengutip pengakuan Amy, yang umurnya hampir 20 tahun lebih muda dari sang menteri muda.

Amy mengaku telah makan malam bersama Broad di sebuah restoran di Hong Kong.

Pada Senin malam AFP menegaskan tidak terjadi pelanggaran apa-apa yang bisa diproses menurut hukum Australia.

Namun McCormack mengatakan pengunduran diri Broad dari jabatan menteri muda sudah tepat.

Broad ditunjuk ke jabatan tersebut pada Agustus lalu saat terjadi reshuffle kabinet menyusul terpilihnya Scott Morrison menjadi Perdana Menteri.

Broad termasuk politisi Partai Nasional yang mendesak Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce ketika itu untuk mengundurkan diri terkait kasus perselingkuhan.

Simak berita selengkapnya dalam Bahasa Inggris di sini.

Author
Penulis

Renne R.A Kawilarang

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.