< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Senin,22 April 2019

Situ Pedongkelan, Riwayatmu Kini... - KOMPAS.com

KOMPAS.com Situ Pedongkelan, Riwayatmu Kini... KOMPAS.com DEPOK, KOMPAS.com - Situ Pedongkelan berlokasi di perbatasan Jakarta Timur dan Depok tepatnya di Kelurahan Areman, Cimanggis, Depok. Desember 2008 lalu, situ ini diresmikan sebagai tempat rekreasi yang…

DEPOK, KOMPAS.com - Situ Pedongkelan berlokasi di perbatasan Jakarta Timur dan Depok tepatnya di Kelurahan Areman, Cimanggis, Depok. Desember 2008 lalu, situ ini diresmikan sebagai tempat rekreasi yang dikelola oleh Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya Kota Depok.

Namun, kini kondisi tempat rekreasi Situ Pedongkelan memprihatinkan. 

Pantauan Kompas.com pada Selasa (6/11/2018), situ nampak kotor dengan sampah yang bertebaran di permukaan airnya. 

Sampah tersebut sebagian besar adalah sampah plastik yang berasal dari rumah yang mengelilingi area situ. Air situ tersebut juga terlihat bewarna hijau lumut.

Baca juga: Dapat Hibah Rp 25 Miliar, Pemkot Depok Akan Revitalisasi Situ

Ketika melaju ke arah kanan, airnya berwarna hitam bercampur lumut. Semakin ke kanan, air situ tersebut terlihat semakin dangkal.

Aroma di sana pun kental dengan bau yang tak sedap.

Terlihat ada tiga orang petugas UPK Badan Air Taman Jalur Hijau, Dinas Kebersihan Kecamatan Pasar Rebo, Provinsi DKI Jakarta sedang membersihkan sampah-sampah yang menumpuk di permukaan air. Alat berat pun terlihat sedang dioperasikan untuk pengerukan.

Salah satu warga Pedongkelan, Agus mengatakan, sampah-sampah tesebut berasal dari limbah rumah tangga warga sekitar.

“Ya kan situ ini dikelilingi rumah-rumah warga, Mbak. Jadi kalau buang sampah pada di sini,” ucap Agus di Situ Pedongkelan.

Situ Pedongkelan, Dulu

Menurut Agus, dahulu situ ini bersih dan terawat, Namun sejak banyaknya perumahan yang dibangun, lambat laun permukaan air situ penuh dengan sampah.

“Dulu mah di sini airnya jernih banget, Mbak, malah sering dipakai buat cuci beras. Sekarang saja airnya jadi keruh banget,” ucap Agus.

Sementara Kahfi, warga lainnya mengatakan, sampah sering dibersihkan oleh petugas dari Jakarta.

“Ya lihat saja petugas yang bersihin itu kan dari Jakarta, Mbak. Mana ada petugas dari Pemkot Depok, padahal kan ini wilayahnya Depok ya,” ucap Kahfi.

Kahfi mengatakan, setiap hari petugas UPK Jakarta membersihkan situ ini, namun situ masih penuh dengan sampah dan lumpur.

Menurut Kahfi, dahulu memancing di Situ Pedongkelan bisa menjadi sumber mata pencaharian dengan menjual ikan hasil pancingannya.

Baca juga: Selain Kalimalang, Pemkot Bekasi Akan Tata Situ Rawa Gede

Sementara saat ini, sulit mendapatkan ikan di sana. Kadang, ada yang memilih menggunakan pelampung untuk menjala ikan di tengah situ ketimbang memancing di tepi.

"Ikan enggak mau minggir (ke tepi), (harus) ke tengah. Dulu kalau mancing di tepi ikan bisa dapet 6 kilogram, sekarang kalau mau dapat segitu susah, makanya kadang suka ke tengah pakai jala cari ikannya,” ucap Kahfi.

Kahfi berharap Pemkot Depok memperhatikan Situ Pedongkelan yang telah ditetapkan menjadi tempat wisata.

“Saya berharapnya sih Pemkot Depok buka mata ya, bantu lah bersihin sampah-sampah ini yang menumpuk. Jadi kan warga nyaman saat wisata ke sini,” ucap Kahfi.

Sebelumnya Pemerintah Kota Depok berjanji akan menata Situ Pedongkelan menggunakan dana hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang kini menjadi tempat rekreasi di Depok. Penataan diperkirakan menghabiskan anggaran Rp 6 miliar. 

Author
Penulis

Andri Donnal Putera

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.