< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Kamis,25 April 2019

Tanah Amblas di Ancol Imbas Pengerukan Kali, 6 Keluarga Diungsikan - KOMPAS.com

KOMPAS.com Tanah Amblas di Ancol Imbas Pengerukan Kali, 6 Keluarga Diungsikan KOMPAS.com JAKARTA, KOMPAS.com - Tanah di bantaran anak Kali Ciliwung, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, amblas pada Minggu (18/11/2018). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswed…

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanah di bantaran anak Kali Ciliwung, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, amblas pada Minggu (18/11/2018).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, enam kepala keluarga (KK) diungsikan karena rumahnya roboh akibat kejadian itu.

"Laporan dari Camat Pademangan, ada enam KK yang diungsikan dan dibuatkan tempat tinggal sementara," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (19/11/2018).

Baca juga: Pemprov DKI Bagikan Karung Agar Warga Tak Buang Sampah ke Kali

Anies menyampaikan, tanah amblas itu akan menjadi evaluasi Pemprov DKI Jakarta dalam mengeruk sungai dan kali di Jakarta.

Menurut dia, pondasi dinding turap di sungai-sungai di Jakarta tidak cukup dalam.

"Konsekuensinya, ketika mengeruk hanya bisa dilakukan di bagian tengah. Begitu mengeruknya agak ke pinggir, potensi longsor menjadi tinggi. Di sisi lain, ketika dilakukan pengerukan hanya di tengah, efektivitasnya menurun," kata Anies.

Baca juga: JEDI atau Pengerukan Kali yang Dulu Mandek Kini Diperjuangkan Lagi

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara Santo menyampaikan, tanah amblas itu terjadi karena pengerukan kali yang terlalu pinggir.

"Ngeruknya terlalu ke pinggir," ucap Santo melalui pesan singkat.

Author
Penulis

Andri Donnal Putera

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.