< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />

Victoria Tingkatkan Sanksi Hukum Penimbun Bahan Kimia Berbahaya

Berita Victoria Tingkatkan Sanksi Hukum Penimbun Bahan Kimia Berbahaya terbaru hari ini 2019-01-05 00:00:02 dari sumber yang terpercaya

Pemerintah Victoria telah mengisyaratkan perlunya hukuman yang lebih keras untuk mencegah orang menimbun bahan kimia secara illegal. Usulan ini disampaikan menyusul penemuan timbunan bahan kimia berbahaya di pinggiran utara Melbourne minggu ini.

Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) negara bagian Victoria minggu ini menemukan timbunan bahan kimia "ilegal" di tujuh gudang di utara Melbourne, yang katanya terkait dengan penyelidikan terhadap kebakaran gudang West Footscray tahun lalu.

Kebakaran itu, yang dimulai pada 30 Agustus, memuntahkan asap hitam tebal di pinggiran barat kota ini dan memicu peringatan kesehatan dan keluhan pernafasan dari penduduk setempat dan sangat mencemari anak sungai di dekatnya.

EPA mengatakan jika bahan kimia yang ditemukan di empat situs di sekitar Epping dan tiga situs di seluruh Campbellfield yang terbakar, mereka akan menimbulkan risiko kesehatan dan lingkungan yang serupa dengan kebakaran yang terjadi di Footscray Barat.

Jaksa Agung Victoria Jill Hennessy mengatakan penemuan oleh EPA baru-baru ini menunjukkan bahwa sanksi hukum yang lebih kuat mungkin diperlukan.

Dia mengatakan hukuman di bawah UU Material Berbahaya - dengan ancaman sanksi hukum bisa mencapai $ 1 juta untuk sebuah perusahaan - masih jauh lebih ringan dibandingkan dengan UU sejenis yang berlaku di bawah UU Okupasi Kesehatan dan Keselamatan atau Occupational Health and Safety Act.

"Jadi saya pikir mungkin sudah waktunya bagi kita untuk melihat apakah perbedaan itu sedikit rusak."

"Mekanisme hukum seputar barang berbahaya telah membutuhkan banyak pengungkapan diri di masa lalu dan berdasarkan penyelidikan ini saya pikir kita memiliki alasan untuk mengkaji apakah aturan hukum yang ada cocok untuk tujuan yang dimaksud atau tidak."

penyelidikan timbunan bahan kimia Kantung pasir diletakan disekitar saluran air untuk mencegah limpahan dari timbunan bahan kimia.

ABC News

"Saya pikir kita memasuki masa di mana orang memiliki harapan yang jauh lebih kuat tentang manajemen yang baik dalam hal tidak hanya kesehatan masyarakat dan kesehatan lingkungan tetapi bagi mereka yang mungkin tidak terdaftar dan tidak diatur dalam industri ini, mereka mengharapkan polisi yang aktif dalam menangani masalah ini, "katanya.

Trevor Thornton, seorang dosen dalam pengelolaan limbah berbahaya di Universitas Deakin, mengatakan peraturan yang mencakup penyimpanan bahan kimia sudah memadai, tetapi EPA membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk menegakkannya secara efektif.

"Mereka tidak memiliki cukup staf untuk bisa keluar dan memeriksa semuanya sepanjang waktu dan untuk terus memeriksanya," kata Dr Thornton.

"Mereka memang memiliki kewenangan untuk melakukannya, tetapi mereka membutuhkan sumber daya untuk memastikan bahwa segala sesuatu dilakukan dengan benar.

"Anggaran EPA telah meningkat selama bertahun-tahun ... tetapi ada banyak industri di luar sana dan hanya ada beberapa saja petugas EPA yang dapat mengawasi mereka dan memeriksanya.

"Ini adalah persoalan bagaimana menempatkan strategi, sehingga jika Anda menghasilkan limbah ini, Anda tahu pada suatu titik waktu Anda akan diperiksa, sangat mirip dengan bagaimana WorkSafe melakukan pengawasan langsung.

"Orang-orang khawatir bahwa inspektur WorkSafe dapat melakukan inspeksi kapan saja. Mereka perlu khawatir bahwa seorang inspektur EPA dapat singgah kapan saja."

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.

Ikuti berita-berita lainnya dari situs ABC Indonesia.

Author
Penulis

Renne R.A Kawilarang

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.